Pages

Labels

Blogroll

Mengunjungi Situs Cipari Dengan Paket Sewa Mobil Untuk Wisata Di Kota Cirebon

Bangunan cagar budaya adalah aset bangsa yang amat utama berarti untuk pemahaman serta pengembangan histori ilmu dan pengetahuan serta kebudayaan. Hingga bangunan cagar budaya butuh dilindungi serta dilestarikan untuk memupuk kesadaran bakal jati diri bangsa.

Salah satu bangunan cagar budaya yang dipunyai Indonesia ialah Situs Museum Taman Purbakala Cipari. Website purbakala yang terdapat di Kabupaten Kuningan ini adalah website peninggalan zaman megalitik.

Ada pada ketinggian 661 mdpl dengan luas 7. 000 mtr. persegi, Situs Cipari awal mulanya adalah tanah punya seseorang warga bernama Wijaya. Pada th. 1971, di tanah kepunyaannya yang terdapat di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, ini dengan cara tak berniat diketemukan sejenis batuan yang mirip batu yang dipamerkan di Paseban Tri Panca Tunggal, suatu tempat cagar budaya di Kuningan.

Penemuan ini segera dilaporkan ke Instansi Purbakala serta Peninggalan Nasional di Jakarta. Lalu ditindaklanjuti dengan lakukan penggalian serta riset. Di pimpin oleh Pangeran Djatikusumah, penggalian dikerjakan serta sukses temukan peti pendam batu, kapak, batu, gelang, serta gerabah kuno.

Baru pada th. 1972 dikerjakan penggalian percobaan dengan maksud penyelamatan benda-benda dan tata letak website Cipari. Lalu dilanjutkan pada th. 1972. Di mana penggalian keseluruhan ditangani dan membuat website sesuai sama tempatnya.

Pada th. 1976 di bangun museum yang berperan semacam tempat untuk menaruh, menjaga, serta memamerkan benda-benda hasil temuan itu. Serta pada tanggal 23 Februari 1978 museum diresmikan berdiri oleh Menteri Pendidikan waktu itu, Prof. Dr. Syarif Thayeb.

Apabila merujuk pada tipologi serta stratigrafi, Situs Cipari adalah paduan pada zaman neolitik serta megalitikum. Hal semacam ini bisa dipandang dari hasil temuan yang melukiskan bahwa orang-orang pada saat itu sudah mengetahui perunggu dan mempunyai ketrampilan bercocok tanam serta berorganisasi dengan baik.

Kecuali itu, batu-batu besar yang berperan semacam media komunikasi dengan arwah nenek moyang jadi landasan kenapa Website Cipari ialah peninggalan zaman Megalitikum.

Website Cipari terdiri jadi dua sisi, yakni museum serta monumen dibagian luar. Dibagian luar ada dua kuburan batu, yang berupa trapesium. Ketika diketemukan, kuburan batu cuma meninggalkan gelang batu serta gerabah, tak diketemukan kerangka manusia di dalamnya.

Hal semacam ini karena tanahnya yang gembur serta mempunyai tingkat keasaman yang tinggi hingga tak dapat untuk mengawetkan organik manusia terlebih tulang.

Kecuali itu, ada altar batu, dolmen, batu gelang, menhir, serta dakon. Seluruhnya monumen ini dahulunya berperan semacam tempat untuk lakukan ritual, pemujaan, serta berkomunikasi dengan arwah nenek moyang.

Di bagian dalam museum ada benda-benda hasil temuan yang terpajang dengan rapi. Kapak batu, gelang batu, kapak perunggu, serta gerabah masih tetap tertangani dengan baik. Dahulunya benda-benda itu adalah perubahan tehnologi yang telah maju dari nenek moyang di nusantara pada zamannya.

Berkunjung ke Website Cipari tak cuma memperhatikan serta pelajari peninggalan dari nenek moyang. Tetapi suasananya yang sejuk jadikan pengalaman berkunjung ke situ ini jadi sagat nyaman serta mengasyikkan.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi Museum Taman Purbakala Cipari. Jika Anda memerlukan alat transportasi berupa mobil, Paket Sewa Mobil Untuk Wisata Di Kota Cirebon adalah solusi terbaik. Happy Car Rental / Happy Rent Car pun menyediakan paket sewa mobil untuk wisata di kota Cirebon. [MS]


Happy Car Rental/Happy Rent Car

PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna
Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511

0 komentar:

Posting Komentar