Pages

Labels

Blogroll

Mengatasi Lampu Mati Pada Mobil

Lampu adalah organ vital mobil pada malam hari. Tanpa lampu, risikonya bisa ringan hingga berat, mulai dari ditilang polisi lalu lintas, sampai kecelakaan fatal karena menabrak akibat pengendara tidak melihat obyek di depan dengan jelas, atau misalnya pengendara lain yang justru tidak melihat keberadaan mobil tanpa lampu ini.
Lalu apa jadinya jika lampu mati justru saat di jalan, ditambah jauh atau bahkan tidak adanya bengkel terdekat?

Cara Mengatasi Lampu Mati Pada Mobil
Berikut ini ada tips darurat yang bisa dipakai dalam kondisi tersebut. Dua hal di antara penyebab matinya lampu adalah sekring yang putus, atau jika Anda butuh menggunakan lampu besar, peranti tersebut mati karena masalah kabel atau relay.
Sekring putus
Sekring kelistrikan pada mobil terkumpul dalam suatu wadah kotak yang biasanya terletak di dekat atau di bawah kanan setir. Sekring-sekring itu sendiri berbentuk seperti gigi atau dua jari. Carilah mana sekring yang berfungsi sebagai sekring lampu dan dalam kondisi putus tersebut.
Setelah itu, lilitkan dua helai serabut logam kabel tadi ke batang atau terminal yang satu dan terminal lainnya, dan pasang kembali sekring tersebut.
Lampu besar mati karena kabel atau relay
Dalam kondisi kunci kontak on dan aki aktif, pastikan apakah kabel putus jadi masalah buat lampu besar. Lampu mati dan menyala jika kabel sedikit digoyangkan. Andaikata yang menjadi masalah adalah relay (kotak yang menghubungkan kabel lampu dengan sumber listrik dan ground), maka ambillah kabel utuh yang tidak terpakai, lalu cabut relay.
Jadikan kabel itu sebagai penyambung langsung (by-pass) antara sumber listrik dan lampu, dengan kata lain terminal nomor 30 diberi kabel langsung ke nomor 87. Selamat mencoba, dan jangan lupa, ini hanya untuk kondisi darurat. Selanjutnya, carilah mekanik terdekat. 

 Tips ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
( Sewa Mobil Murah Di Cirebon - Rental Mobil Murah Di Cirebon )
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna,
Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511

0 komentar:

Posting Komentar