Pages

Labels

Blogroll

Yoga Membantu Pengemudi Mengurangi Stres di Jalan

Berkendara dengan waktu yang cukup lama dapat menyebabkan stres. Stres muncul bukan hanya saat ada mobil lain yang menyela Anda, tapi juga disebabkan oleh rasa takut ketika tersesat, berpindah jalur atau rasa lelah di jalan. Berdasarkan sebuah studi di Queensland University of Technology (QUT), mengemudi ketika stres sama membahayakannya dengan menggunakan ponsel  ketika menyetir.

Pengemudi punya banyak cara untuk mengurangi stres saat berkendara, diantaranya menelepon, menyanyi atau makan. Karena keamanan berkendara sangat penting, beberapa latihan yoga dapat membantu pengemudi melepaskan diri dari stres terutama saat berkendara.

 
Berikut beberapa gerakan yoga yang mungkin dapat dilakukan untuk menghilangkan stres berkendara: 
Pernafasan 
Bernafas dengan benar merupakan kunci untuk melawan stres. Jadi mulailah dengan bernafas secara perlahan untuk membantu menenangkan Anda. Setelah itu, ambillah nafas panjang secara perlahan-lahan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan. Tarik nafas melalui hidung dan buanglah nafas melalui mulut, setidaknya hingga hitungan keempat. Bernafas dengan teratur dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan tubuh agar terhindar dari stres saat terjebak kemacetan. 

Leher 
Setelah seharian penuh duduk di kantor, leher Anda akan rentan untuk menjadi tegang. Dengan kedua tangan di setir, perlahan gerakanlah kepala Anda secara berputar membentuk lingkaran, dan lakukan lebih lama pada bagian tubuh yang membutuhkan lebih banyak regangan. Setelah itu, sambil tetap meletakkan kedua tangan Anda di atas setir, gerakan leher Anda ke kiri dan ke kanan. 

Punggung 
Jika mobil dalam keadaan berhenti secara total, angkat kedua tangan Anda ke atas dan tarik nafas dalam-dalam. Di saat yang sama, tarik badan Anda ke depan hingga menyentuh setir, ambil nafas panjang untuk melegakan otot Anda. Lalu letakkan tangan kanan Anda mengelilingi dada dan gunakan tangan kiri Anda untuk menarik siku ke arah tubuh atau sebaliknya. Beban dari gerakan tadi dapat mengurangi ketegangan di punggung bagian bawah. 

Tangan dan kaki 
Ketika mengemudi, Anda menggunakan kedua tangan dan kaki, jadi sangatlah penting untuk menjaga keduanya agar tidak kaku atau tegang. Dalam keadaan berhenti, genggamlah kedua tangan Anda dan buatlah gerakan melingkar. Gerakan tersebut dapat membantu Anda meredakan ketegangan dan melancarkan aliran darah. Pada saat berhenti, jangan lupa untuk mengistirahatkan kedua kaki Anda dan putarlah kedua kaki dengan gerakan melingkar.Perlu diingat, bila terjebak dalam kemacetan, tidak berarti Anda harus stres, melainkan gunakanlah waktu itu untuk melakukan tips auto-yoga agar terhindar dari ketegangan. Dalam keadaan rileks setelah melepas stres atau tegang, Anda berkendara menjadi lebih baik ketika mencapai tujuan.


 Tips ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
( Sewa Mobil Murah Di Cirebon - Rental Mobil Murah Di Cirebon )
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna,
Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511


0 komentar:

Posting Komentar