Pages

Labels

Blogroll

Kuatnya Adat-Istiadat di Kampung Mahmud

Sangat mungkin banyak diantara Anda yang belum familiar dengan Kampung Mahmud! Padahal kawasan ini juga tergolong tempat wisata unik yang patut untuk dikunjungi. Bagi Anda sejarawan, sosiolog atau peminat perkampungan masa lampau patut menyempatkan diri berada di perkampungan ini untuk beberapa saat.

Bukan wisata alam atau bangunan-bangunan bersejarah yang ditonjolkan di Kampung Mahmud ini melainkan kondisi perkampungan yang masyarakatnya masih memegang kultur dan adat istiadat nenek moyangnya. Yang patut dipuji keyakinan mereka untuk senantiasa memegang teguh ajaran masa silamnya itu tak pernah tergoyahkan oleh perubahan zaman yang masif. Letaknya berada di dekat Sungai Citarum dan agak terpencil sehingga perkampungan ini sunyi karena terpisah dengan perkampungan lainnya. Meski begitu masyarakatnya sangat ramah (welcome).

Dalam konteks sejarahnya disebutkan bahwa dimasa dulu ketika penjajah masih menelikung bangsa ini, konon Kampung Mahmud ini tak pernah ditemukan oleh penjajah sehingga sering menjadi tempat persembunyian warga dan pejuang republik. Pendiri Kampung Mahmud yakni Eyang Abdul Manaf membuat peraturan seperti dilarang membangun gedong atau rumah permanen di kampung ini, tidak boleh memelihara angsa tidak diprebolehkan membunyikan gong atau membuat acara musik yang menggunakan instrumen gong. Aturan tersebut masih dipertahankan hingga kini.

Di Kampung Mahmud ini ada beberapa makam yang dikeramatkan oleh warga lokal, termasuk makamnya Eyang Abdul Manaf sendiri. Puncak keramaian di kampung ini terjadi disaat Jumat Kliwon yang mana banyak masyarakat percaya bahwa roh nenek moyang akan berkumpul dan mengabulkan segala keinginan/ permohonan. Warga lokal kampung maupun para peziaran yang banyak datang ke kampong ini menganggap kawasan ini sebagai kampung keramat dimana segala peraturan-peraturannya mesti dijalankan secara teguh. Ketika tengah berada di Bandung Anda juga harus menyempatkan diri berkunjung ke Kampung Mahmud ini.


0 komentar:

Posting Komentar